Japan Water Girl

NEWs , GAMES, MOVIE, MUSIC, EDUCATION

Thursday, July 24, 2008

BAHAYA DARI VIRUS HIV



Penularan Virus HIV dari Ibu Bisa Dicegah
PDF Print E-mail

Penularan virus HIV dari ibu ke bayi bisa dicegah. Karena itu strategi penanggulangan AIDS nasional 2003-2007 adalah pencegahan penularan virus HIV dari ibu ke bayi merupakan prioritas.

Untuk itu Departemen kesehatan RI dan komisi penanggulangan AIDS Nasional telah berkomitmen untuk meningkatkan cakupan program pencegahan penularan virus HIV dari ibu ke bayi di Indonesia.

Selama ini program khusus tentang pencegahan penularan virus HIV dari ibu ke bayi jumlahnya sangat terbatas.

Seperti pengalaman di negara Thailand, Cina dan India menunjukkan bahwa proyek percontohan pencegahan penularan virus HIV dari ibu ke bayi akan sukses menjadi program berskala nasional jika terdapat komitmen politik yang kuat, serta adanya pedoman nasional pencegahan penularan virus HIV dari ibu ke bayi yang komprehensif.

Dimana bahasan tentang penularan virus HIV dari ibu ke bayi telah tercantum dalam buku pedoman nasional perawatan, dukungan dan pengobatan HIV/AIDS.

Untuk lebih memberikan informasi dan kebijakan yang lebih komprehensif, maka dikembangkan melalui buku pedoman nasional pencegahan penularan virus HIV ke bayi.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Langsung (P2ML) Dinas Kesehatan Sumut H. Sukarni, SKM di ruang kerjanya, Rabu (22/8).

PREVALENSI

Meskipun secara umum prevalensi kasus HIV di Indonesia masih tergolong rendah (kurang dari 0,1 persen), tetapi sejak tahun 2000 di Indonesia telah dikategorikan sebagai negara dengan tingkat epidemi terkonsentrasi karena terdapat kantung-kantung dengan pravalensi lebih dari 5 persen pada beberapa populasi tertentu.

Contohnya kasus HIV/AIDS pada pengguna narkoba suntikan sebesar 40 persen. Karena itu mayoritas pengguna narkoba suntikan yang terinfeksi HIV berusia produktif aktif. Maka diperkirakan jumlah kehamilan dengan HIV positip akan meningkat di Indonesia.

Sedangkan strategi penanggulangan AIDS Nasional 2003-2007 menegaskan bahwa pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi merupakan sebuah program prioritas.

Bahkan Departemen Kesehatan RI dan komisi penanggulangan AIDS Nasional telah berkomitmen untuk meningkatkan cakupan program pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi di Indonesia.

Juga perlu adanya kebijakan pemerintah tentang pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi

0 comments: